Seputar Peradilan

Mahkamah Agung Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Mahkamah Agung (MA) kembali menggelar seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Acara yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat MA, lt. 12, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, berlangsung selama 3 hari, Senin hingga Rabu (24-26/9).

Sebanyak 72 peserta berhak mengikuti seleksi terbuka ini setelah lolos seleksi administrasi yang dilaksanakan awal bulan September lalu.

Kepala Biro Kepegawaian Mahkamah Agung Drs. H. Agus Zainal Mutaqien, S.H mengatakan, seleksi ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan amanat cetak biru (blueprint) Mahkamah Agung yang di dalamnya secara eksplisit menyebutkan bahwa pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di Mahkamah Agung berbasis kompetensi.

Agus juga menyebutkan, di dalam UUD No 5 tahun 2014 dan UUD No 11 tahun 2011, secara tekstual menyebutkan jabatan Utama Madya dan Pratama. "Tetapi kalau kita melihat lebih jauh lagi kontek dari peraturan itu adalah sama dengan cetak biru Mahkamah Agung yaitu membangun sumber daya manusia berbasis kompetensi," kata Agus.

Oleh Karena itu, kata Agus, Mahkamah Agung didorong untuk membangun Assesment Center agar mengetahui soft kompetensi sumber daya manusia yang ada di Mahkamah Agung, maupun kompetensi managerial sampai jabatan administrator dan jabatan pengawas. "Karena berbagai keterbatasan, sekarang ini kita prioritaskan untuk eselon I dan eselon II terlebih dahulu, untuk jabatan lainnya masih dalam tahap perencanaan," ujar Agus.

Seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari, dimana pada hari pertama akan dilakukan tes tertulis, kemudian pada hari kedua dan ketiga akan dilakukan tes wawancara serta diskusi kelompok. Terdapat 7 formasi jabatan yang akan diisi melalui seleksi terbuka ini.

Formasi jabatan itu adalah Direktur Pembinaan Tenaga Adminstrasi Ditjen Badilum, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Ditjen Badilag, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Balitbang Diklat Kumdil, Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi, Kepala Biro Kepegawaian Badan Urusan Administrasi dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding. (Badilag | Foto : Ridwan)