Seputar Peradilan

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PTA JAWA BARAT DI PENGADILAN AGAMA KUNINGAN

banner1 small

Berdasarkan PERMA Nomor 7, 8, dan 9 Tahun 2016 serta Maklumat Ketua Mahkamah Agung tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan bawahnya maka sejak tanggal 23 April 2019 sampai dengan 25 April 2019 Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan di Pengadilan Agama Kuningan. Acara ini merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengadilan agama khususnya dalam bidang Manajemen Peradilan, Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

Tim Pengawas PTA Jabar yang melakukan pembinaan dan pengawasan di PA Kuningan berdasarkan Surat Tugas dengan Nomor W10-A/1633/KP.03/IV/2019 dan Nomor W10/1634/KP.03/IV/2019 adalah sebagai berikut:

  1. Jasiruddin, S.H, M.Si Jabatan Hakim Tinggi PTA Jawa Barat
  2. Suharti, S.H Jabatan Panitera Pengganti PTA Jawa Barat
  3. Rustandi, S.Ag Jabatan Kepala Bagian Umum dan Keuangan PTA Jawa Barat

banner1 small

Adapun pelaksanaan Ekspos Hasil Pembinaan dan Pengawasan oleh Tim Pengawas PTA Jawa Barat dilakukan pada hari ini Rabu, 24 April 2019 bertempat di Ruang Sidang 1 Pengadilan Agama Kuningan yang dihadiri oleh seluruh Aparatur pengadilan Agama Kuningan.

Dalam sambutannya diawal acara Bapak Drs. H. Asep Saepudin, M.S.Q selaku Ketua Pengadilan Agama Kuningan mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Tim dari PTA Jawa Barat yang telah melakukan pengawasan di PA Kuningan dan berharap kepada seluruh pegawai untuk memperhatikan dengan seksama ekspose yang akan disampaikan Tim dari PTA Jawa Barat serta melakukan perbaikan terhadap temuan-temuan yang ada.

Tim dari PTA Jawa Barat melakukan ekspose terhadap hasil pengawasan yang telah dilakukan. Pada dasarnya secara keseluruhan sudah baik meskipun ada beberapa temuan diantaranya pada bidang kesekretariatan yaitu penyusunan Standard Operasional Prosedur (SOP) diharapkan mengikuti perkembangan yang dinamis tetapi tetap mengikuti peraturan yang ada serta Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang penilaiannya harus objektif sesuai dengan hasil nyata kenerja masing-masing pegawai tidak harus selalu disamaratakan, pada bagian IT masih ada menu website yang masih kosong atau belum diupdate. Pada bagian keuangan realisasi anggaran keuangan DIPA seharusnya di ekpose agar diketahui oleh seluruh aparatur PA Kuningan sebagai bentuk transparansi.

Pada bidang kepaniteraan diantaranya, berkas penunjukan Juru Sita Pengganti harus berdasarkan Penetapan Hari Sidang (PHS) bukan berdasarkan Penetapan Majelis Hakim (PMH), berkas perkara dalam bundle diberikan nomor halaman agar lebih rapi dan tidak tercecer, serta ketelitian dalam penulisan dan penyusunan berkas sebelum diupload ke Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

Pada akhir acara ketua PA Kuningan menyatakan akan segera menindaklanjuti hasil temuan dan pembinaan dari Tim PTA Jawa Barat dan kedepan akan agar berusaha agar PA Kuningan semakin baik dalam melayani para pencari keadilan.

Pada hari terakhir pelaksanaan pembinaan dan pengawasan tanggal 25 April 2019 bertepatan dengan dilaksanakannya acara “Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan Launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA Jawa Barat sekaligus menghadiri acara tersebut dan menyampaikan semoga dengan adanya Zona Integritas dan PTSP tersebut dapat membawa kemajuan dan pelayanan prima Pengadilan Agama Kuningan.

banner1 small

Galeri Kegiatan

banner1 small banner2 small banner2 small banner1 small banner2 small banner2 small