Seputar Peradilan

STUDY BANDING KE PASAR KAWASAN DESA SIDAMUKTI DAN ACARA TOURING MUNGGAHAN KE OBYEK PARALAYANG & PARALEND MAJALENGKA KELUARGA BESAR BUPATI KUNINGAN

 

WhatsApp Image 2019 05 02 at 141920

 

Pembangunan Pasar Kawasan adalah bagian Pembangunan Kawasan Perdesaan sebagai perpaduan pembangunan antardesa yang dilaksanakan dalam upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan pembangunan partisipatif. Hal ini sesuai dengan tujuan dan sasaran Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Perdesaan sebagai Unit Kerja Eselon Satu (UKE-I) Kemendes PDTT yang diturunkan dari Visi dan Misi Presiden, Sembilan Agenda Prioritas (Nawacita).

Pembangunan Pasar Kawasan ditujukan untuk mendorong terwujudnya kawasan perdesaan yang secara ekonomi menjadi Kawasan yang produktif dan berdaya saing tinggi. Pasar Kawasan juga membantu penyediaan sarana ekonomi dalam mempermudah akses pasar produk bagi masyarakat yang diharapkan menjadi stimulan bagi tumbuh dan berkembangnya sektor-sektor lainnya. Dengan adanya pasar Kawasan diharapkan dapat mendorong terciptanya BUMDesa Bersama (Bumdesma) sebagai lembaga ekonomi usaha masyarakat yang partisipatif, kapabel, dan dikelola secara profesional.

Majalengka adalah salah satu daerah yang telah membangun pasar kawasan perdesaan, yang terletak di Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka atas prakarsa Forum Komunikasi Desa Kawasan (FKDK) yaitu sebuah forum yang beranggotakan tidak hanya kepala desa tetapi dari seluruh lapisan masyarakat, pegiat desa, akademisi dan para pakar yang peduli terhadap kemajuan desa.

WhatsApp Image 2019 05 02 at 141919

Atas dasar itu, maka pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2019 Bupati Kuningan Bapak H. Acep Purnama, S.H, M.H beserta rombongan melakukan study banding ke Pasar Kawasan Desa Sidamukti untuk meninjau dan mengamati secara langsung pasar kawasan tersebut. Rombongan Bupati Kuningan tiba di pendopo yang disambut langsung oleh Bupati Majalengka Bapak DR. H. Karna Sobahi, M. Pd, kegiatan ini dipandu langsung oleh Sekretaris Pengadilan Agama Kuningan Bapak Ahud Hurairi, S.H.I yang juga sebagai warga asli Kabupaten Majalengka.

WhatsApp Image 2019 05 02 at 14.23.351

Setelah melaksanakan study banding di pasar Kawasan Desa Sidamukti acara dilanjutkan dengan touring ke wisata paralayang dan paralend di puncak gunung Cipanten dalam rangka munggahan menyambut bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah untuk mempererat persaudaraan dan tali silaturahim.

WhatsApp Image 2019 05 02 at 142336

Bupati Kuningan sangat senang dan antusias terhadap kegiatan tersebut dan ingin segera mewujudkan Pasar Kawasan Perdesaan dan wisata paralayang di Kabupaten Kuningan, agar dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat Kuningan.

WhatsApp Image 2019 05 02 at 142552