Seputar Peradilan

PEMBUKAAN PRAKTIKUM PENGADILAN AGAMA (PPA) MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN BANDUNG

DI PENGADILAN AGAMA KUNINGAN KELAS 1A

 

 banner1 small

Selasa, 25 Juni 2019 Pengadilan Agama Kuningan menjadi tujuan tempat Praktikum Pengadilan Agama (PPA) oleh mahasiswa dari Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Bandung untuk berkunjung dan belajar di Pengadilan Agama Kuningan. Tujuan dari kegiatan PPA ini adalah untuk meningkatkan keterampilan aplikatif mahasiswa dalam mengumpulkan, mengklasifikasi, menguji kesahihan, menginterpretasi, menganalisis, dan menyimpulkan data sebagai pengalaman penelitian di lapangan.

Bertempat di Ruang Sidang 1 Pengadilan Agama Kuningan pada pukul 13.00 WIB telah diadakan acara pembukaan Praktikum Pengadilan Agama (PPA) Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Bandung. Acara pembukaan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Kuningan Drs. H. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuningan Drs. Ahmad Nasohah, Hakim Pengadilan Agama Kuningan DR. Asaddurahman, M.H, Panitera Pengadilan Agama Kuningan Drs. H. Asop Ridwan, M.H selaku moderator, dan Dosen Fakultas Syariah UIN Bandung Dedi Supriadi, M. Ag serta seluruh mahasiswa peserta PPA.

banner1 small

Mengawali acara pembukaan yaitu Pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Cici Hidayati, Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Bandung. Di lanjut dengan sambutan dan penyerahan dari Dosen Fakultas Syariah UIN Bandung Dedi Supriadi, M. Ag. Beliau menyampaikan bahwa Praktikum Pengadilan Agama (PPA) ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juni 2019 sampai tanggal 10 Juli 2019. Peserta PPA di Pengadilan Agama Kuningan diikuti oleh 21 orang mahasiswa. Lebih lanjut beliau mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Pengadilan Agama Kuningan yang berkenan memberikan izin bagi mahasiswa UIN Bandung untuk melalukan Praktikum Pengadilan Agama dan selanjutnya menyerahkan sepenuhnya para mahasiswa kepada Pengadilan Agama Kuningan untuk dibimbing. Selain itu beliau memohon maaf apabila para mahasiswa selama mengikuti PPA apabila nantinya banyak mengganggu aktivitas kerja dan melakukan kesalahan. Kepada para mahasiswa UIN Bandung, beliau berharap agar memanfaatkan waktu dan kesempatan PPA ini dengan sebaik-baiknya dengan menyerap ilmu yang didapatkan di Pengadilan Agama Kuningan ini.

banner1 small

Setelah Sambutan dari Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Bandung dilanjutkan sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Kuningan. Dalam sambutannya Drs. H. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H menyampaikan terima kasih kepada UIN Bandung yang telah mempercayakan kepada Pengadilan Agama Kuningan untuk membimbing para mahasiswa dalam melaksanakan PPA. Kepada para Mahasiswa jangan malu bertanya bila ada materi yang belum dipahami, tanyakan dengan sejelas-jelasnya. Diakhir sambutan beliau mengucapkan selamat mengikuti kegiatan PPA ini dan dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim” Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Bandung di Pengadilan Agama Kuningan dibuka.     

banner1 small