Seputar Peradilan

PENUTUPAN PRAKTIKUM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH IAIN SYEH NURJATI CIREBON DI PENGADILAN AGAMA KUNINGAN KELAS 1A

 

banner1 small

KUNINGAN – Pada Hari Jumat tanggal 27 September 2019 Bertempat di Ruang Tunggu Sidang Pengadilan Agama Kuningan, diadakan acara Penutupan Praktikum Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Syeh Nurjati Cirebon. Acara tersebut mengakhiri Praktikum Pengalaman Lapangan (PPL) yang sudah dilaksanakan selama 1 bulan yaitu dari tanggal 27 Agustus 2019 - 27 September 2019 di Pengadilan Agama Kuningan, mahasiswa yang mengikuti Praktikum Pengalaman Lapangan berjumlah 9 orang dan telah mengikuti praktikum dengan baik. Selama berada di Pengadilan Agama Kuningan mahasiswa diberi kesempatan untuk mempelajari secara langsung proses penyelesaian perkara, pelaksanaan administrasi dan teknis mulai dari penerimaan perkara hingga perkara diputus. Mereka juga diberi kesempatan untuk hadir dalam persidangan. Selain mahasiswa tesebut wajib hadir dan diabsen, mereka juga diberikan pengetahuan dan ilmu di setiap kesempatan oleh Para Pembimbing di Pengadilan Agama Kuningan. Selain itu para mahasiswa PPL melaksanakan kegiatan sidang semu yaitu, para mahasiswa melaksanakan simulasi sidang dengan pembagian perannya masing-masing, yang menjadi hakim memakai pakaian toga hakim, adanya penggugat dan tergugat, pengacara dan lain sebagainya, dari kegiatan tersebut diharapkan dapat mengetahui hukum acara di persidangan.

banner1 small

Acara penutupan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Kuningan Drs. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H dan Dosen Fakultas Syariah IAIN Syeh Nurjati Cirebon Asep Saepulloh, M.H.I. serta seluruh peserta Praktikum Pengalaman Lapangan (PPL). Acara dimulai pukul 10.00 WIB dengan dibuka oleh moderator Kasubag Kepegawaian dan Organisasi Tata Laksana Aah Nurjanah, S.E. Selanjutnya sambutan dari Dosen Fakultas Syariah IAIN Syeh Nurjati Asep Saepulloh,, M.H.I, beliau menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Pengadilan Agama Kuningan yang telah dengan senang hati menerima dan membimbing peserta PPL ini, semoga menjadi amalan ibadah untuk kita semua, dan ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat untuk hari ini maupun di masa yang akan datang. Selanjutnya Sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Kuningan Drs. H. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H.

banner1 small

banner1 small

Dalam sambutannya beliau menyampailkan kepada seluruh mahasiswa agar jangan mudah puas dengan ilmu yang telah didapatkan, serta teruslah belajar sebanyak-banyaknya “perbanyaklah menuntut ilmu, perbanyak membaca buku-buku, jadikanlah diri kita ini menjadi sumber daya yang memiliki kualitas yang mumpuni”, tutur beliau.

banner1 small

Acara dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan berupa plakat penghargaan dari perwakilan IAIN Syeh Nurjati Asep Saepulloh, M.H.I. kepada Pengadilan Agama Kuningan oleh Ketua Pengadilan Agama Kuningan Drs. H. Ayep Saepul Miftah, S.H., M.H. dan pemberian sertifikat kepada mahasiswa peserta Praktikum Pengalaman Lapangan (PPL).

banner1 small

banner1 small

banner1 small