355 UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID 19 DENGAN CARA DESINFEKTAN DI LINGKUNGAN PENGADILAN AGAMA KUNINGAN

Seputar Peradilan

SOSIALISASI SURAT EDARAN KETUA MAHKAMAH AGUNG RI NOMOR 1 TAHUN 2020 DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN VIRUS COVID-19 DI LINGKUNGAN PENGADILAN AGAMA KUNINGAN

rapat 1

KUNINGAN - Selasa, 24 Maret 2020 pukul 08.00 WIB bertempat di Ruang Sidang 1 Pengadilan Agama Kuningan diadakan acara Sosialisasi Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 yang di pimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Kuningan Drs. H. Dudung Abd Halim, S.H., M.H. Acara ni dihadiri oleh seluruh Aparatur Pengadilan Agama Kuningan.

rapat 2

Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan Surat Edaran tersebut diantaranya : Penyesuaian jadwal persidangan, penyesuaian jadwal pelayanan perkara, dan penyesuaian jadwal kerja dirumah (Work From Home), serta yang tak kalah pentingnya yaitu melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Pengadilan Agama Kuningan.

           IMG 20200326 WA0009 IMG 20200326 WA0011 IMG 20200326 WA0010

Program tersebut selaras pula dengan program Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk melakukan penyemprotan cairan desinfektan di saeluruh Instansi di Kabupaten Kuningan salah satunya di Lingkungan Pengadilan Agama Kuningan yang akan dilaksanakan hari ini pukul 10.00 WIB. Tim dari Pemerintah Kabupaten Kuningan merupakan gabungan dari Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

          DESINFEKTAN 2 DESINFEKTAN 3  DESINFEKTAN 1

Menindaklanjuti pula Surat Edaran tersebut, di kantor Pengadilan Agama Kuningan sendiri telah diberlakukan social distancing dengan cara memberikan jarak pada kursi di fasilitas publik seperti di ruang sidang, ruang tunggu sidang, ruang pendaftaran, maupun di ruang resepsionis. Seluruh Aparatur Pengadilan khususnya yang berhadapan langsung dengan pihak diwajibkan memakai masker dan sarung tangan, begitu juga dengan para pihak dihimbau untuk memakai masker dan menggunakan hand sanitizer sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19.

         DESINFEKTAN 4 DESINFEKTAN 5 DESINFEKTAN 6

Tepat pada pukul 10.00 WIB tim dari Dinas Kesehatan dan BPBD yang ditunjuk melakukan penyemprotan cairan desinfektan tiba di Pengadilan Agama Kuningan. Tim langsung bergerak untuk melakukan penyemprotan di setiap ruangan kerja, ruang sidang, serta tempat terbuka untuk publik terutama pada bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan ruang tunggu sidang yang biasa terjadi banyak interaksi masyarakat serta di mesjid Al-Hikmah Pengadilan Agama Kuningan.

        DESINFEKTAN 8 DESINFEKTAN 9 DESINFEKTAN 7

Setelah melakukan kegiatan penyemprotan cairan desinfektan di lingkungan Pengadilan Agama Kuningan, pihak Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Kuningan juga menyampaikan cara pembuatan cairan desinfektan sederhana dengan bahan - bahan yang mudah dicari di pasaran seperti carian Alkohol 70%, cairan pemutih pakaian, dan cairan pembersih lantai sehingga bisa melakukan penyemprotan cairan desinfektan di lingkungan rumah maupun kantor secara berulang - ulang dan berkelanjutan dalam upaya pencegahan virus Covid-19 sesuai kebutuhan.

               DESINFEKTAN 11            DESINFEKTAN 10